Profil Pamuji

Perkumpulan Alumni SMA Muhammadiyah Siji (PAMUJI) merupakan wadah resmi alumni SMA Muhammadiyah Siji Solo yang dibentuk dari hasil deklarasi sejumlah perwakilan alumni dari beberapa angkatan.

Deklarasi tersebut merupakan kristalisasi dari kegiatan pengajian rutin lintas angkatan yang diadakan oleh beberapa angkatan sampai pada akhirnya tercetus ide untuk membentuk sebuah wadah resmi yang menaungi para alumni berbagai angkatan.

PAMUJI pada medio Februari 2013 di Palm Resto Solo, dan diluncurkan secara resmi ke hadapan publik pada tanggal 19 Mei 2013 di kampus SMA Muhammadiyah 1 Solo oleh Ketua PP Muhammadiyah Drs. H. Ahmad Dahlan Rais, M.Hum.

Alasan penggunaan nama PAMUJI adalah, ketika diajukan sebagai Badan Hukum ke Kementerian Hukum dan HAM RI, nama Paguyuban tidak diperkenankan. Karena dalam sistem Badan Hukum di Kemenkumhan hanya dikenal dengan nama Perkumpulan. Akhirnya, berdasarkan akta No. AHU -0000489.AH.01.07.TAHUN 2015 tertanggal 07 April 2015 tentang Perkumpulan Alumni Muh Siji Surakarta oleh Andi Mutaqin SH MKn, istilah paguyuban digantikan dengan perkumpulan sesuai aturan yang ada di Kemenkumham.

Filosofi Logo

Logo Pamuji berbentuk siluet bunga warna biru gradasi dengan 12 sinar putih dan font huruf “Pamuji” yg mudah dibaca dan diingat. Tak bisa dipungkiri bahwa logo Pamuji merupakan transformasi dari logo Muhammadiyah sebagai ormas keagamaan yang menaungi institusi-institusi pendidikan di dalamnya.

Kedua-belas sinar putih tersb mengandung filosufi 12 nilai dasar perjuangan Pamuji yang merupakan pengejawantahan 12 garis perjuangan Muhammadiyah sebagai berikut:

  1. Iman dan taat kepada Allah SWT
    2. Jujur
    3. Ikhlas
    4. Istiqomah
    5. Quwwatul jismi
    6. Quwwatul ilmi
    7. Menjadi rahmat dan manfaat.
    8. Tabligh
    9. Amanah
    10. Open mind
    11. Menjaga ukhuwah
    12. Nahi munkar

Dengan harapan, agar para alumni SMA Muhi Solo senantiasa mendasari setiap gerak langkah kehidupannya dengan berlandaskan pada keduabelas nilai dasar tersebut.