SOLO – Pengajian Pamuji bulan Juni membahas tentang, Menelaah Fungsi Al Quran, hadir sebagai pembicara Ustadz Dr Hanifullah Sukri. Kegiatan yang diselenggarakan di SMU Muhammadiyah 1 tersebut diadakan oleh Pamuji 83 sebagai shahibul bait.

Dalam tausiahnya Ustadz Hanif menyampaikan ada 4 fungsi Al Quran yaitu sebagai petunjuk, penjelasan, obat dan nasehat.

Hal ini sesuai dengan QS Al Baqarah 18, “Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.”

Ustadz Hanif juga menyampaikan Indonesia masyoritas penduduknya Bergama Islam namun masih banyak yang belum mau membaca Al Qur’an.

“Bagaimana mau memahami Al quran, menyentuh Al quran (Mushaf) saja ada yang belum pernah,” ujar Dosen UNS tersebut, Ahad (19/6).

Al Quran banyak sekali ilmu-ilmu pengetahuan mulai dari masalah keluarga, pekerjaan, politik, kesehatan dan lain sebagainya.

Di akhir tausiahnya Ustadz Hanif menghimbau agar kita semua mau untuk membaca dan mengamalkan ayat Al Quran.

“Kita harus mempunyai target untuk membaca Al quran, setelah itu mentadaburinya dan selanjutnya mengamalkannya,” pungasnya. []

Pamuji Ngaji: Menelaah Fungsi Al Quran
Tagged on: